Berikut 5 Pasar Pilihan untuk Belanja Oleh-Oleh di Kota Makkah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 04 Maret 2024, 11:39:39

Setelah melaksanakan ibadah umrah, tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas dari Arab. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang disediakan oleh biro umrah untuk para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum kembali ke tanah air. Walaupun banyak juga toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di tanah air, namun lebih afdhol jika membawanya langsung dari Makkah.

Nah, untuk Anda yang masih baru pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentunya tidak begitu mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Tanah Suci? Padahal, terdapat beberapa pilihan pasar yang dapat Anda dijadikan tujuan utama untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal umrah Anda, setidaknya Anda tak perlu bingung lagi ketika ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini tempat belanja oleh-oleh khas di Kota Makkah yang bisa Anda kunjungi:

Pasar Utaibah

Rekomendasi yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah adalah pasar paling tua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga kota Makkah. Anda dapat menjumpai berbagai macam barang dengan harga terjangkau di pasar ini.

Pasar Utaibah bertempat 3 KM dari Masjidil Haram, tepatnya ada di jalan Hujoon. Cukup dekat dari tempat Anda melaksanakan ibadah umrah jadi Anda lebih mudah menjangkaunya. Pasar ini tak pernah sepi disinggahi baik ketika hari biasa maupun saat bulan Ramadhan dan musim Haji.

Pasar ini menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan di pasar Utaibah bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan harga yang dipasang di mal Makkah.

Untuk barang yang sama, harga di mal Makkah senilai 5 kali lipat lebih dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai perbandingan, misalnya harga satu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa Anda dapatkan cuma 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja oleh-oleh yang lain di seputar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja aneka cinderamata yang dapat dijadikan buah tangan untuk keluarga di tanah air. Pasar Ja’fariyah tak pernah sepi dikunjungi, jadi jangan lupa Anda meluangkan diri untuk mampir ke Pasar Ja’fariyah ketika mengunjungi Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin berbelanja barang mewah di Mekkah? Pasar Hijaz pilihan yang tepat. Pasar Hijaz terkenal menawarkan barang-barang branded yang tentunya berkualitas, baik produk lokal maupun merek kelas dunia. Tak heran kalau Pasar Hijaz terkenal dengan kemewahan tempatnya.

bukan hanya itu, Pasar yang terletak di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menjual aneka olahan makanan yang beragam dari penjuru dunia. Jangan lewatkan berkunjung ke pasar Hijaz untuk mendapat pengalaman belanja ketika di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah berlokasi cukup jauh dari kota Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Meskipun begitu, Anda bisa tetap berkunjung dengan transportasi darat.

Bisa dibilang, Pasar Aziziyah adalah pasar paling besar di kota Makkah. Aneka keperluan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja cinderamata khas Arab Saudi dapat Anda temukan di pasar Aziziyah.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda dapat berkunjung ke pasar Syar’i Al- Hajj. Anda akan menemukan aneka barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah di pasar ini. Misalnya sajadah, yang pastinya cocok Anda bawa ke tanah air sebagai oleh-oleh sepulang umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa tempat di Makkah yang bisa Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tidak hanya kurma, lho! Ada banyak macam pilihan oleh-oleh yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Di antaranya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat batu, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), juga buah tin. Wah, menarik sekali kan? Pilihannya pun sangat bermacam-macam. Anda juga bisa menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa cindera mata agar lebih tahan lama. Nah, Anda bisa berburu oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips untuk Anda praktekkan ketika belanja di pasar-pasar Makkah. Tentunya, Anda ingin membeli oleh-oleh produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau bukan? Berikut tipsnya:

  • Membuat Daftar Belanja

Tips yang pertama adalah membuat daftar belanja. Anda dapat membawa catatan apa saja barang yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum bertolak ke tanah suci.

Pilih siapa saja yang ingin Anda berikan oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda perlukan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang tersedia. Jangan sampai overload sehingga Anda kesusahan membawa pulang cinderamata yang sudah Anda beli di tanah suci. Sayang sekali bukan?

  • Jangan Berpenampilan Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, upayakan berpenampilan sederhana saja, jangan sampai terlalu mencolok karena pedagang pun pasti bisa membaca kondisi Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang mahal, karena si pedagang akan menganggap bahwa Anda ‘mampu’ membayar barang dengan harga yang tinggi.

  • Sesuaikan Budget

Tips selanjutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda siapkan dari rumah. Memang, ada banyak barang yang bisa kita beli. Akan tetapi, jika Anda tidak membatasinya dengan budget tertentu, bisa jadi Anda akan membeli yang tidak dibutuhkan dan akhirnya dana Anda akan habis.

  • Persiapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang berlaku di Arab Saudi yaitu Riyal. Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda di tempat money changer sebelum pergi ke tanah suci. Ingat, sesuaikan dengan budget ya!

  • Pilih Barang yang Tahan Lama

Yups, selain aneka camilan yang disebutkan di atas, Anda dapat memilih cinderamata seperti permadani, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, jilbab, abaya, hingga air zam-zam. Benda-benda tersebut tak terlalu mengandung resiko dibawa ke tanah air.

  • Tahu Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar bahasa Arab sederhana yang bisa Anda praktekkan saat berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin mengetahui keinginan Anda, dan akan lebih mudah apabila mengetahui apa yang Anda bicarakan. Namun, mayoritas pedagang di pasar Makkah juga sedikit-sedikit mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanja belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://prohajj.co.id